sponsor5

Tuesday, March 29, 2016

7 manfaat kismis untuk kesehatan




Zabib adalah buah anggur yang dikeringkan dan bisa langsung dimakan sebagai manisan tanpa harus melalui proses terlebih dahulu.
Bisa juga dijadikan campuran dalam minuman  atau dimasukan dalam adonan kue, nasikibuli, dan bisa juga dicampurkan kedalam racikan obat herbal.
Dalam tren kuliner timur tengah, zabib adalah manisan anggur kering yang berbiji atau sejenis beri tak berbiji yang dikeringkan.
            Sedangkan arti kismis adalah anggur tanpa biji atau sejenis beri yang tak berbiji yang dikeringkan.
Sejak ribuan tahun lalu manfaat zabib yang ada di Indonesia disebut kismis  telah terdokumentasi dalam berbagai catatan menjadi data empiris ( pengalaman) yang berhubungan dengan kesehatan. Kini, berbagai penelitian juga semakin menguatkan popularitasnya sebagai superfood (makanan kaya akan nutrisi) yang terbukti kasiatnyas secara ilmiah.
            Ibnu Muflih al-Maqdisi dalam al-adab asy-syar’iyyah (III/27) menyatakan bahwa kismis terbaik adalah bentuknya yang besar dagingnya  dan gajih buahnya tebal, tipis kulitnya, dan telah dibuang bijinya, atau yang kecil bijinya.
            Ibnu muflih menambaahkan,  karakternya sama seperi anggur yang merupakan bahan bakunya, yakni kismis yang rasanya manis bersifat panas( temperamennya), dan yang asam dan kelat beersifat dingin. Kismis yang terbuat dari anggur berdaging putih lebih pekat kandungan zat  astringennya daripada jenis lainnya. Serta kismis yang daging buahnya berasa  manis lebih bernutrisi disbanding anggur.
            Dalam baha Inggris, kismis yang beredar saat ini dibedakan kedalam tiga penyebutan, yaiu raisnm sultana, dan currant. Raisin adalah anggur hijau yang dikeringkan secara alami dengan matahariatau uap panas sehingga warnanya menghitam. Warnnya yang hitam karena browning akibat reaksi  polifenol saat proses pengeringan alami.
            Curran atau zante currants pada dasarnya tidak ada kaitannya dengan beri-berian  spesies ribes melainkan berpa anggr merah kecil tanpa biji jenis ‘Black  Corinth’ yang dikeringkan. Currant adalah jenis kismis tertua dari yang pernah ada, bentuknya yang lebih kecil dari raisinm warnanya hitam terang rasanya manis juga lembut dan harganya lebih mahal dari raisin.
            Sultana adalah kismis yang terbuat dari anggur hijau tanpa biji yang disebut sultanina atau anggur  Thomson. Warna sultana keika kering menjadi kuning emas agak kehijauan. Asal-muasal sultana dari kebudayaan turki ottoman. Haraganya lebih mahal dari raisin dan currant. Bentuknya besar serta rasanya manis asam.
            Sebaiknya pilihlah kismis yang warnanya gelap atau coklat pekat disbanding yang berwarna keemasan, untuk menghindari residu sulfur dioksida yang terkonsumsi dari sisa produksi kimis. Selain itu, pilih jenis kismis yang dikeringkan alami (sun-dried)  dan lebih manis, yang berbiji kecil ata tak berbiji.
            Diriwayatkan dari Ibnu abbas RA, makanlah kismis, dan buanglah bijinya, karena terdapat penyakit, dan alam dagingnya terdapat obat.
            Diriwayatkan dari Tammim ad-dari bahwa dia pernah menghadiahkan kismis kepada nabi SAW, beliau berkata ‘’ makanlah karena sebaik-baiknya makanan adalah kismis dapa menghilangkan lelah, memadamkan rasa marah,  menguatkan urat saraf,  mewangikan bau mulut, menghilangkan lender(dahak) dan menjernihkan warna kulit.
 (dikeluarkan oleh ibnu hibbban dan ibnu jauzi dalam al-ilal al-mutanahiyah, beliau menyatakan ‘’tidak shahih’’

BERBAGAI MANFAAT  KISMIS

1.      MENGHILANGKAN LELAH
Dalam pengobatan ayurvedakismis telah dikel sebagai minuman anti lwlah untuk para pelajar, yaitu dengan dibuat infusa kismis atau dalam gasa arab disebut naqi. Naqi adalah minuman yang sering dkonsumsi rasulullah SAW.
Buatlah malam hari naqi dimalam hari dan minum di pagi hari untuk merefresh tubuh aga kembali bugar

2.      MENGHILANGKAN  BAU MULUT
Bau mullut atau halitosis  anyak factor penyebabnya, mulai dari kelainan pada saluran pencernaan, konstifasi kronis, infeksi system pernafasan, hingga anemia. Kismis kaya akan zat besi yang dapat membant pembentukandarah baru, juga sebagai makanan yang bersifat pencahar lembut ( mulayyin al-butn) sehingga mencegah konstipasi, juga bermanfaat untu saluran nafas.

3.      MENGUATKAN KENERJA OTAK
Az-zuhri berkata.’’ Barang siapa yang suka menghafal hadist hendaklah ia memakan kismis’’.
            Kismis mengandung glukosa yang dapat digunakan otak untuk mengaktivasi energi elektromagnetik di dalam tubuh. Selain itu , kismis juga mengandung boron dengan kadar memadai yang dapat berperan dalam peningkatan fungsi otak dan performa kognitif. Kismis adalah sumber flavonoid, termasuk myricetin yang berperan  sebagai agen  anti inflamasi, antitumor dan antioksidan, juga mencegah pembentukan gormasi beta- amyloid fibril, kunci maslah pada penyakit Alzheimer.


4.      BERMANFAAT  UNTUK ORANG BERTEMPRAMEN ‘’DINGIN’’
Kismis adalah panas dan lembab ditingkatan pertamam ini artinya konsumsi kismis bermanfaat bafi orang yang bertemperamin ‘’dingin’’ seperti manula, wanita  pasca menopause, diaberes tipe dingin(lambung dan liver lemah), lemah pencernaan, anemia ,
Mudah mengantuk. Lagi-lagi, mineral boronlah yang berperan, yaitu bersifat preventif atau memiliki efek terapi pada  masalah osteoprosisndengan mengurangi hilangnya kalsium pada wanita pasca menopause. Mineral ini juga mencegah artristis.

5.      MENCEGAH KONSTIPASI
Kkismis mengandung serat sera fruktan, yang berfungsi sebagai pembentuk massa tinja dan membantu mencegah konstipasi juga kanker kolon. Bagi yang sering bermasalah dengan konsipasi dapat merendam setengah  cangkir kismis dengan susu segar selama dua belas jam, lalu dipanaskan. Susu tersebut diminum  sebelum tidur

6.      TONOK UNTUK LAMBUG, HATI, LIMPA DAN JANTUNG
Dinyatakan asupan kismis berkaitan dengan pengurangan serum kolesterol LDL teroksidasi. Dengan demikian, kismis memilik potensi untuk mengurangi risiko diabetes atau penyakit kardiovaskuler.

7.      BERMANFAAT UNTUK MASALAH LENDIR, TEMPERAMEN DINGIN DAN INFEKSI SALURAN NAFAS
Kismis yang dimakan tanpa bijinya bermanfaat untuk sakit tenggorokan, dada, paru-paru, nyeri ginjal dan kantung  kemih. Jika anda memakan segenggam kismis, jahe, jeruk nipis dan madu untuk meluruhkan dahak di tenggorokan.

SEMOGA ARTIKEL INI BERMANFAAT AMIN
Jangan lupa share ya

Sumber : majalah sahid

No comments:

Pages