sponsor5

Tuesday, May 3, 2016

Hamzah bin abdul muthalib Ra.

hamzah bin abdul muthalib adalah sahabat sekaligus paman nabi muhammad. walau sebagai paman, usianya lebih kurang sama seperti nabi muhammad, bahkan dia juga saudara sesusu nabi muhammad.
sama-sama  disusui oleh ibunnya hamzah yaitu HALLIMAH AS'SYA'DIYAH.

hamzah adalah lelaki quraisy yang terpandang dan disegani di kaumnya.
hamzah mempunyai hobi berburu, dan hal itu yang membuatnya ditakuti oleh orang-orang quraisy yang lainnya dikarenakan hamzah sangat mahir dalam hal berburu dengan memakai berbagai macam alat berburunya.

suatu hari di bulan dzulhijjah tahun ke enam dari nubuwwah, ketika baru pulan dari perburuannya, seorang budak wanita milik abdullah bin  jad'an berkata kepadanya,'' wahai abu ammarah (nama kunyah hamzah) ketika di  berada di shafa, aku melihat abu jahal mencaci maki dan mengejek keponakanmu, muhammad. bahkan dia memukul kepalanya hingga terluka!!

mendengar laporan tersebut  hamzah sangat marah. nabi adalah putra kakak kandungnya sedangkan abu jahal hanyalah saudara sepupunya. penghinaan kepada nabi muhammad sama seperti penghinaan terhadapnya, apalagi ayahnya nabi sudah wafat. masih dengan menentang busur panahnya ia berkeliling mencari abu jahal, setiap orang yang ditemuinya selalu ditanyakannya keberadaan abu jahal. ketika hamzah menemukan abu jahal di dekat masjid, ia berkata " wahai orang yang berpantat kuning(abu jahal) beraninya engkau mencela anak saudaraku sedangkan aku berada di atas agamanya....!!!

setelah itu hamzah memukul kepala abu jahal dengan busur panah yang dipegangnya hingga kepala abu jahal luka menganga.
dengan seketika pengikut abu jahal bangkit ingin melakukan perlawanan dan begitu juga dengan pengikut hamzah pun bangkit untuk bersiap-siap.........BERSAMBUNG

terus ikuti sambungannya hanya di www.uhangpekal.cam

No comments:

Pages