sponsor5

Friday, August 12, 2016

Ledakan gas Rosario 2013


Rosario gas explosion - location map.png
Peta lokasi
Tanggal 06 Agustus 2013
Waktu 9:30
Lokasi Rosario, Santa Fe, Argentina
Tewas 22[1]
Luka-luka 60[2]
Sebuah ledakan gas di wilayah permukiman Rosario, kota terbesar ketiga di Argentina, terjadi pada 6 Agustus 2013. Peristiwa tersebut disebabkan oleh sebuah kebocoran gas yang besar; sebuah bangunan yang ada di dekatnya runtuh, dan bangunan yang lainnya mengalami kerusakan struktur yang tinggi. Dua puluh dua orang tewas, dan enam puluh orang luka-luka. Beberapa organisasi membantu mengamankan wilayah tersebut serta mencari korban selamat dan membantu orang-orang yang kehilangan tempat tinggal mereka. Tak lama setelah ledakan tersebut, pembangunan kembalinya membutuhkan waktu sekitar enam bulan.
Pemerintah provinsi mengadakan sebuah investigasi untuk mencari sebab-sebab dari ledakan tersebut. Terdakwa utamanya adalah Litoral Gas (penyedia gas alam untuk Rosario) dan seorang karyawan yang melalaikan kerja utamanya di bangunan tersebut pada hari itu. Beberapa tokoh publik mengirimkan ucapan belasungkawa, dan kebanyakan kandidat untuk pemilihan primer 2013 menunda kampanye politik mereka.

Ledakan tersebut terjadi pada pukul 9.30 pagi di dekat persimpangan Jalan Oroño dan Salta di tengah Rosario. Laporan awal mengkonfirmasikan bahwa delapan orang tewas, enam puluh orang luka-luka dan lima belas orang menghilang; delapan korban tewas lainnya kemudian dikonfirmasikan. Pencarian pada hari berikutnya menemukan dua puluh korban luka berat, sepuluh korban di antaranya teridentifikasi. Sejumlah orang menghilang; beberapa orang di antaranya ditemukan tewas di antara puing-puing, sementara korban yang lainnya diselamatkan .  Pencarian korban selamat berakhir pada 13 Agustus, dengan dua puluh dua korban tewas dikonfirmasi. Seorang wanita yang berusia 65 tahun yang menjadi korban luka-luka meninggal pada 8 Oktober.
Ledakan tersebut disebabkan oleh sebuah kebocoran gas di sebuah gedung berusia 30 tahun. Ledakan tersebut membuat bangunan apartemen sembilan tingkat yang berada di dekatnya rusak dan menyebabkan bangunan tersebut runtuh. wali kota Rosario, meminta para penduduk untuk menjauhi wilayah tersebut karena gedung-gedung lainnya berisiko akan runtuh, dan untuk melancarkan pekerjaan personel kepengurusan bencana. Jalan-jalan dipenuhi dengan pecahan kaca dari bangunan yang rusak.Gas dan listrik diputushubungkan, dan pemerintahan nasional mengirim sebuah pasukan penugasan Polisi Federal Argentina ke tempat kejadian.
Penyedia gas alam, Litoral Gas, awalnya mulai melakukan distribusi pipa ke wilayah tersebut. Pusat Spesialis Pengobatan Darurat Rosario (bahasa Spanyol: Centro de Especialidades Médicas Ambulatorias de Rosario) mengurusi informasi tentang korban tewas dan korban luka-luka, dan tenda-tenda yang disiapkan untuk orang-orang yang kehilangan tempat tinggal.Para pemadam kebakaran dan pekerja lainnya menemukan orang-orang yang terjebak di lantai atas bangunan dan mengevakuasi mereka ke atap yang bersebelahan. Meskipun bangunan tersebut tidak hancur oleh ledakan, risiko tinggi dari kegagalan struktural masih ada.

No comments:

Pages