sponsor5

Thursday, April 14, 2016

JALAN ISLAM MENUJU EROPA



Tahukah kamu lewat Negara apa islam pertama kali masuk eropa?
                Untuk kali saya akan mencoba berbagi pengetahuan saya kepada teman, ini saya dapati karena saya selalu berlangganan majalah Sahid setiap bulannya. Didalam majalah ini sangat banyak artikel yang penting sehingga bisa menunjang ilmu pengetahuan kita.
                Oke sobat islam masuk pada 680 M ketika Uqbah bi Nafi dari kekhalifahan ummayah menjangkau utara Afrika. Kemudian dilanjutkan ketika Musa bin Nushair pada masa AL-Walid I bin abdul malik, khalifah keenam dinasti ummayyah  menaklukan benteng-benteng di dekat samudra atlantik. Pada saat itu pasukan islam menyebut wilayah maroko adalah dengan nama  mghrb al-aqsa atau far west .
                Dari negeri yang berjuluk ‘tanah tuhan inilah panglima perang muslim, thariq bin ziad menaklukan Andalusia dan mengibarkan bendera islam di daratan eropa tahun 710 M. setelah itu, maroko menjadi bagian wilayah islam yang penting samapai masa kekhalifahan abbasiyyah.
                Namun pada ke-8, maroko memisahkan diri dari abbasiyyah, dan mendirikan pemerintahan islam syiah yang berpusat di mesir. Islam masuk eropa adalah melalui Negara MAROKO.

No comments:

Pages