sponsor5

Thursday, April 28, 2016

PERINTAH ALLAH YANG HARUS WAJIB KITA JALANI

AL-BAQOROH AYAT 83
ARTINYA :
Dan ingatlah ketika kami mengambil janji dari bani israil janganlah kamu menyembah sealain allah, dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang2 miskin. Dan bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat, tetapi kemudian kamu berpaling (mengikari kecuali sebagian kecil dari kamu dan kamu (masih menjadi ) pembangkang.
1.1.  Mengesakan allah tidak menduakan allah.
Al-Qur’an. Surat Maryam ayat 65: Artinya : “Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan apa-apa yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadat kepada-Nya. Apakah kamu mengetahui ada yang sebanding dengan-Nya ?

2. 2      Berbuat baik kepada kedua orang tua
Artinya: “ dari Abdullah bin Mas’ud r.a. ia berkata: “ Saya bertanya kepada Nabi saw: amal apakah yang paling disukai oleh Allah Ta’ala?” beliau menjawab: “ shalat pada waktunya. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berbuat baik kepada kedua orang tua. “ saya bertanya lagi: “ kemudian apa?” beliau menjawab: “ berjihad(berjuang) di jalan Allah.” (H.R. Bukhari dan Muslim).[1][3]
3.3       Berbuat baik kepada anak yatim.
Hdist. 1.Terjemahan Hadist Hadist Pertama : “Aku (Muhammad SAW) dan pengasuh anak yatim kelak disurga seperti dua jari ini (Rasulullah SAW menunjuk jari telunjuk danjari tengah dan merapatkan keduanya)”. (HR Bukhari)

4. Hdist.2 “Sebaik-baik rumah kaum Muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan seburuk-buruk rumah kaum Muslimin ialah rumah yang didalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlkukan dengan huruk”. (HR Ibnu Majah)

4. 5.     Berbuat baik kepad orang miskin
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Nabi saw. Bersabda, ”Orang yang menyantuni kaum janda dan orang-orang miskin adalah setara dengan orang yang berjihad di jalan Allah.” Aku mengira, Rasulullah saw. Juga bersabda, ”Dia juga seperti orang yang bertahajjud yang tidak merasa lelah dan seperti orang yang berpuasa yang tidak pernah berbuka.” (Muttafaq ’alaih)

5.6       Bertutur  kata baik kepada sesama manusia
Dari ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di surga terdapat kamar-kamar yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar.” Kemudian seorang Arab Badui bertanya, “Kamar-kamar tersebut diperuntukkan untuk siapa, wahai Rasulullah?” Beliau pun bersabda, “Kamar tersebut diperuntukkan untuk siapa saja yang tutur katanya baik, gemar memberikan makan (pada orang yang butuh), rajin berpuasa dan rajin shalat malam karena Allah ketika manusia sedang terlelap tidur.
6. 7      Melaksanakan sholat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEihljl9d9hn_6uu-tygvJOud6-KasmC7GDXCQx3gnujJXe5Mltb3S3Dk-IqM3E2tZ3lUttqNNkEoSEo7q_tmFxZBWhK7u8OXqplghh9JqRSXZLv1lD1xN7OHE__KncCFrJ8v806S2_m6U0/s640/zariyat+56.jpg 



7. 8      Membayar zakat.
membayar zakat adalah untuk menyucikan harta kita agar kelak di akhirat kita bisa masuk surga tanpa hambatan yang disebabkan oleh harta kita.





No comments:

Pages