sponsor5

Thursday, May 19, 2016

Cara Membuat Tabel Menggunakan Microsoft Excel


Sebagai tambahan fitur-fitur spreadsheet lainnya, Microsoft Excel menawarkanmu kemampuan untuk membuat tabel di dalam sebuah spreadsheet. Dikenal dengan nama “lists” di dalam Excel 2003, mereka dapat dikelola secara terpisah dari data yang kamu miliki di tempat lain pada halaman spreadsheet tersebut atau pada halaman lainnya di dalam spreadsheet. Lihatlah Langkah 1 di bawah untuk petunjuk cara membuat dan memanipulasi tabel di dalam Microsoft Excel.

Bagian 1 dari 8: Membuat sebuah Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 1
    1
    Memilih sebuah kisaran sel. Sel yang mengandung data atau bisa juga kosong, atau kombinasi dari keduanya. Kamu tidak perlu memilih selmu sebelum kamu membuat tabelnya jika kamu belum yakin.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 2
    2
    Memasukkan tabel. Untuk memulai proses pembuatan tabel, kamu butuh memasukkan sebuah tabel ke dalam spreadsheet milikmu.
    • Di dalam Excel 2003, klik menu Data dan kemudian List.[1]
    • Di dalam Excel 2007, 2010 dan 2013, pilih antara "Table" pada pita menu Insert atau "Format as Table" di dalam kelompok Styles, pada pita menu Home (opsi terdahulu mengacu ke gaya tabel standar Excel, sedangkan lainnya memungkinkanmu untuk memilih sebuah gaya saat kamu membuat tabel tersebut. Kamu nanti dapat menerapkan atau mengubah gaya tabelnya dengan memilih salah satu opsi dari kelompok Table Styles di dalam pita menu Table Tools Design).[2]
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 3
    3
    Menyediakan sebuah sumber data untuk tabelmu. Jika sebelumnya kamu belum menentukan sebuah kelompok sel, kamu harus memilih sel-sel tersebut sekarang. Setelah memilih kisaranmu, sebuah kotak dialog akan muncul, antara dialog Create Table (dialog Create List di dalam Excel 2003) atau dialog Format As Table.
    • Tabel "Where is the data for your table?" menampilkan rujukan mutlak untuk sel yang saat ini dipilih. Jika kamu ingin mengubah informasi ini, kamu dapat mengetikkan sebuah sel atau kisaran rujukan yang berbeda.
  4. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 4
    4
    Mengindikasikan apakah tabelmu memiliki judul. Jika tabelmu memiliki judul, tandai kotak "My table has headers". Jika kamu tidak menandainya, tabel akan ditampilkan dengan nama judul standar ("Column 1", "Column 2", dll.).
    • Kamu dapat mengganti sebuah nama kolom dengan memilih judulnya dan mengetikkan namamu sendiri di dalam bar rumus.

Bagian 2 dari 8: Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 5
    1
    Mengambil pojok tabelnya. Gerakkan kursor mouse ke atas kendali pengukuran pada bagian bawah pojok kanan tabel. Kursormu akan berubah menjadi anak panah diagonal 2 sisi. Klik dan tahan untuk “mengambil” pojoknya.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 6
    2
    Mengukur ulang tabelnya. Tarik kursormu ke dalam untuk mengurangi ukuran tabel, ke luar untuk memperbesarnya. Menarik kursormu akan menambahkan atau mengurangi jumlah baris dan kolom.
    • Menarik kursormu ke atas ke arah judul kolom akan mengurangi jumlah baris di dalam tabel, sedangkan menarik kursormu ke bawah akan meningkatkan jumlah barisnya.
    • Menarik kursormu ke kiri mengurangi jumlah kolom di dalam tabel, sedangkan menariknya ke kanan akan meningkatkan jumlah kolom. Sebuah judul kolom yang baru akan dibuat saat sebuah kolom baru ditambahkan

Bagian 3 dari 8: Memasukkan dan Menghapus Baris dan Kolom Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 7
    1
    Mengklik kanan sel tabel di mana kamu ingin memasukkan atau menghapus sebuah baris atau kolom. Sebuah menu popup akan muncul.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 8
    2
    Memilih "Insert" dari menu popup. Pilih salah satu opsi dari submenu Insert.
    • Pilih "Insert Columns to the Left" atau "Insert Columns to the Right" untuk memasukkan sebuah kolom baru di dalam tabel.
    • Pilih "Insert Rows Above" atau "Insert Rows Below" untuk memasukkan sebuah baris baru di dalam tabel.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 9
    3
    Memilih "Delete" dari menu popup. Pilih salah satu opsi dari submenu Delete.
    • Pilih "Table Columns" untuk menghapus seluruh kolom yang berisikan sel yang dipilih.
    • Pilih "Table Rows" untuk menghapus seluruh baris yang berisikan sel yang dipilih.[3]

Bagian 4 dari 8: Mengurutkan Baris Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 10
    1
    Mengklik anak panah ke bawah di bagian kanan judul kolom yang ingin kamu urut. Sebuah menu dropdown akan muncul.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 11
    2
    Memilih salah satu opsi pengurutan yang ditampilkan. Opsi pengurutan muncul pada bagian atas menu dropdown.
    • Pilih "Sort A to Z" (atau "Sort Smallest to Largest" jika datanya numerik) untuk mengurutkan item-itemnya dalam urutan meningkat.
    • Pilih "Sort Z to A" (atau "Sort Largest to Smallest" jika datanya numerik) untuk mengurutkan item-itemnya dalam urutan menurun.
    • Pilih "Sort By Color" dan kemudian pilih "Custom Sort" dari submenu untuk menyiapkan sebuah pengurutan khusus. Jika datamu ditampilkan dalam berbagai warna, kamu dapat memilih salah satu warna dari submenu ini untuk mengurutkan datamu.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 12
    3
    Mengakses opsi-opsi tambahan. Kamu dapat mengakses opsi pengurutan tambahan dengan mengklik kanan pada sel manapun di dalam sebuah kolom dan memilih "Sort" dari menu popup. Sebagai tambahan opsi di atas, kamu juga dapat mengurutkan berdasarkan warna sel atau huruf, atau berdasarkan ikon sel.

Bagian 5 dari 8: Menyaring Data di dalam Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 13
    1
    Mengklik anak panah ke bawah di bagian kanan judul kolom yang ingin kamu saring. Sebuah menu dropdown akan muncul.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 14
    2
    Memilih salah satu dari opsi penyaringan yang ditampilkan. Tiga set opsi penyaringan tersedia: "Filter by Color", "Text Filters" dan "Number Filters" (opsi "Text Filters" ditampilkan hanya jika masukan kolom mengandung teks, sedangkan opsi "Number Filters" ditampilkan hanya jika masukan kolom mengandung angka). Di bawahnya terdapat satu set kotak untuk ditandai.
    • Opsi "Filter by Color" diaktifkan saat teks atau angka tampil dalam berbagai warna. Pilih warna yang ingin kamu saring datanya.
    • Opsi "Text Filters" mengikutsertakan opsi-opsi "Equals", "Does Not Equal", "Greater Than", "Begins With", "Ends With", "Contains", "Does Not Contain" dan sebuah opsi "Custom Filter".
    • Opsi "Number Filters" mengikutsertakan opsi-opsi "Equals"," Does Not Equal", "Greater Than", "Greater Than or Equal To", "Less Than", "Less Than or Equal To", "Between", "Top 10", "Above Average", "Below Average" dan sebuah opsi "Custom Filter".
    • Kotak-kotak untuk ditandai di bawah ini termasuk sebuah opsi "Select All" dan "Blanks" untuk menampilkan semua data yang berhubungan dengan kriteria penyaringan atau semua baris dengan sel kosong di dalam kolom tersebut, sekaligus sebuah daftar dari elemen data yang unik (seperti nama yang sama) di dalam kolom. Menandai atau mengosongkan kombinasi dari kotak-kotak tersebut akan memungkinkanmu untuk menampilkan hanya baris-baris dari sel yang memenuhi kriteria tersebut, seperti memeriksa elemen "Smith" dan "Jones" untuk menampilkan angka penjualan dari 2 individu tersebut.
    • Excel 2010 dan 2013 menawarkan opsi penyaringan tambahan: masukkan teks atau sebuah angka di dalam kolom Search dan tampilan akan dibatasi hanya untuk baris-baris dengan sebuah item di kolomnya yang cocok dengan isi dari kolom Search tersebut.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 15
    3
    Menghapus penyaringan tersebut setelah selesai. Untuk memulihkan tampilan aslinya, pilih "Clear Filter From [Nama Kolom]" dari menu dropdown (nama sesungguhnya dari kolom tersebut ditampilkan di dalam opsi ini).

Bagian 6 dari 8: Menambahkan sebuah Jumlah Baris pada Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 16
    1
    Mengklik kanan sel manapun di dalam tabel. Ini akan menampilkan sebuah menu popup. Pilih "Table" dari menu popup tersebut.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 17
    2
    Memilih "Totals Row" dari submenu Table. Sebuah jumlah baris akan muncul di bawah baris terakhir dari tabel tersebut, menampilkan sebuah total dari semua data numerik dalam setiap kolom.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 18
    3
    Mengubah nilai yang ditampilkan. Klik menu pada garis Totals untuk nilai yang ingin kamu sesuaikan. Kamu dapat memilih fungsi apa yang ingin kamu tampilkan. Kamu bisa menampilkan Sum, Average, Count dan banyak lainnya.

Bagian 7 dari 8: Menambahkan sebuah Kolom yang telah Dihitung ke Tabel

  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 19
    1
    Memilih sebuah sel di dalam sebuah kolom kosong. Jika diperlukan, kamu harus menambahkan sebuah kolom kosong terlebih dahulu. Lihatlah "Memperbesar dan Memperkecil Ukuran Tabel" dan "Memasukkan dan Menghapus Baris dan Kolom Tabel" untuk cara-cara melakukan hal ini.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 20
    2
    Mengetikkan rumus perhitungan ke dalam sel kosong manapun, kecuali pada judulnya. Rumusmu akan secara otomatis tersalin ke dalam semua sel kolom, baik itu di atas atau di bawah sel di mana rumus tersebut dimasukkan. Kamu juga dapat menyalin rumus tersebut ke dalam sel-sel kolom secara manual.
    • Kamu dapat memasukkan rumus ke dalam baris manapun di dalam spreadsheet di bawah tabel, namun kamu tidak bisa mengacu ke sel manapun di baris yang terdapat di dalam tabel rujukan.
    • Kamu dapat mengetikkan atau memindahkan rumus ke dalam sebuah kolom yang telah memiliki data, namun untuk membuatnya menjadi sebuah kolom yang telah dihitung, kamu butuh mengklik tombol "AutoCorrect Options" untuk menimpa data yang sudah ada. Namun demikian, jika kamu menyalin rumus, kamu harus secara manual menimpa data tersebut dengan menyalin rumusnya ke dalam sel-sel tersebut.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 21
    3
    Membuat pengecualian. Setelah membuah kolom yang telah dihitung, kamu nantinya dapat kembali dan membuat pengecualian dengan mengetikkan data selain sebuah rumus ke dalam sel manapun, menghapus rumus dari 1 sel atau lebih, atau menyalin sebuah rumus berbeda ke dalam beberapa sel. Pengecualian apapun terhadap rumus kolom yang telah dihitung, kecuali penghapusan sebuah rumus, akan dengan jelas ditandai.[4] 
 
Bagian 8 dari 8: Mengubah Gaya dari Tabel
  1. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 22
    1
    Memilih sebuah gaya yang telah ditetapkan. Kamu dapat memilih dari sejumlah kombinasi warna yang telah ditetapkan untuk tabelmu. Klik di manapun di dalam tabel untuk memilihnya dan kemudian klik tab Design jika tab tersebut belum terbuka.
    • Pilih dari salah satu gaya yang telah ditetapkan, yang tersedia di dalam bagian Table Styles. Klik tombol More pada sisi bagian kanan untuk mengembangkan daftar dan lihatlah semua opsi.
  2. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 23
    2
    Membuat gaya khusus. Klik tombol More pada sisi bagian kanan dari daftar gaya yang telah ditetapkan. Klik “New Table Style” pada bagian bawah menu. Ini akan membuka jendela “New Table Quick Style”.
    • Berikan gayamu sebuah nama. Jika kamu ingin dengan mudah mengakses gaya ini kembali, berikan sebuah nama yang dapat kamu ingat untuk menggambarkan gaya tersebut.
    • Pilih elemen yang ingin kamu sesuaikan. Kamu akan melihat sebuah daftar elemen tabel. Pilih salah satu yang ingin kamu sunting dan klik tombol “Format”.
    • Pilih opsi formatmu. Kamu dapat memilih gaya huruf, warna isi dan gaya border dari menu Format. Format ini akan diterapkan ke elemen yang kamu telah pilih.
  3. Gambar berjudul Make Tables Using Microsoft Excel Step 24
    3
    Mengubah tabelmu kembali menjadi sebuah spreadsheet biasa. Jika kamu telah selesai bekerja dengan data di dalam sebuah tabel terpisah, kamu dapat mengembalikan tabel tersebut ke dalam spreadsheet tanpa mengubah datanya. Klik di bagian manapun di dalam tabel untuk memilihnya.
    • Klik tab Design.
    • Klik Convert to Range dan kemudian klik Yes.
    • Format tabel akan dihapus, namun gayanya tetap ada. Kamu tidak akan lagi dapat mengurutkan dan menyaring data.

Tips

  • Jika kamu tidak lagi membutuhkan tabel tersebut, kamu dapat antara menghapusnya atau mengembalikannya ke dalam satu kisaran data pada halaman spreadsheet. Untuk menghapus keseluruhan tabel tersebut, pilih tabelnya dan telah tombol "Delete" pada keyboardmu. Untuk mengubahnya kembali ke satu kisaran data, klik kanan pada selnya yang manapun, pilih "Table" dari menu popup yang muncul dan kemudian pilih "Convert to Range" dari submenu Table. Anak panah pengurutan dan penyaringan akan hilang dari judul kolom dan rujukan nama tabel manapun di dalam rumus sel akan terhapus. Namun demikian, nama judul kolom dan format tabel akan tetap ada.
  • Jika kamu menempatkan tabelmu sehingga judul dari kolom pertama berada di bagian atas pojok kiri spreadsheet (Sel A1), judul kolom akan menggantikan judul kolom spreadsheet saat kamu menggeser ke atas. Jika kamu menempatkan tabel tersebut di tempat lainnya, judul kolom akan hilang tergeser saat kamu menggeser ke atas dan kamu harus menggunakan Freeze Panes untuk menjaga mereka agar tetap konstan ditampilkan.
  •  
  • (sumber www.wikihow.com)

No comments:

Pages