sponsor5

Sunday, May 22, 2016

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DALAM SEMALAM

Tentu Anda memahami perasaan kacau ketika bangun dari tidur dan menatap diri di cermin, kemudian menemukan sebuah tonjolan kecil merah yang meradang, yang pada malam sebelumnya tidak ada sama sekali. Anda dapat memilih untuk membiarkannya begitu saja dan menikmati hidup tanpa memedulikannya, atau Anda juga dapat mengambil tindakan untuk menanganinya dan berusaha untuk mencegah jerawat lain untuk muncul. Ketika Anda berada pada kondisi darurat dan perlu meminimalkan jerawat secepat mungkin, cobalah beberapa langkah di bawah ini.

Bagian 1 dari 3: Mengobati Jerawat

  1. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 1
    1
    Cobalah benzoil peroksida. Benzoil peroksida membasmi bakteri yang menyebabkan jerawat. Benzoil peroksida dikemas dengan kadar konsentrasi yang berbeda-beda, tetapi kadar konsentrasi 2,5% memiliki manfaat yang sama dengan kadar konsentrasi 5 hingga 10%, dan kadar konsentrasi yang lebih rendah menyebabkan iritasi yang lebih ringan pada kulit.[1] Benzoil peroksida juga mengupas lapisan kulit mati, sehingga kulit akan diperbaharui menjadi tampak cerah dan muda kembali.
  2. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 2
    2
    Gunakan asam salisilat. Seperti benzoil peroksida, asam salisilat membunuh bakteri penyebab pertumbuhan jerawat. Asam salisilat juga bermanfaat untuk meluruhkan sel kulit mati dengan lebih cepat, sehingga pertumbuhan sel-sel kulit baru akan berjalan dengan lebih cepat. Oleskan sedikit asam salisilat pada tempat-tempat munculnya jerawat. Lakukan setelah Anda mencuci muka.
  3. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 3
    3
    Gunakan pasta gigi. Pasta gigi mengandung silika, yaitu zat pengering yang biasanya digunakan pada beberapa hal, dan salah satunya adalah dendeng sapi. Pada dasarnya, pasta gigi akan mengeringkan jerawat dalam satu malam, sehingga ukurannya akan mengecil.
    • Pastikan bahwa Anda menggunakan sedikit saja pasta gigi yang berbahan dasar alami pada kulit. Beberapa pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Berhati-hatilah ketika mengoleskannya. Biarkan pasta gigi semalaman. (WASPADALAH!!! Persiapkan diri karena kulit mungkin akan terasa panas selama proses ini.)
  4. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 4
    4
    Cobalah gunakan garam laut. Campurkan satu sendok teh garam laut dengan dua sendok makan air hangat. Gunakan kapas pentol (cotton bud) untuk mengoleskan air garam langsung pada jerawat. Jangan membilasnya. Garam laut akan membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat.
  5. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 5
    5
    Cobalah tea tree oil. Tea tree oil adalah minyak esensial antibakteri yang dapat membasmi mikroba yang mulai bersarang di dalam pori-pori kulit Anda. Dengan alat tetes, basahi kapas pentol dengan sedikit tea tree oil, lalu oleskan pada jerawat sesuai kebutuhan, sambil memastikan bahwa Anda tidak mengoleskannya terlalu banyak.
    • Tea tree oil memiliki sifat antiradang [2] yang dapat mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat, sehingga menjadi reda dan tidak jelas terlihat.
  6. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 6
    6
    Hancurkan tablet aspirin. Hancurkan tablet aspirin, lalu tambahkan air secukupnya hingga bubuk aspirin membentuk tekstur pasta. Dengan kapas pentol, oleskan pasta aspirin pada jerawat hingga membentuk lapisan tipis. Pastikan bahwa jerawat benar-benar tertutupi oleh pasta aspirin, lalu biarkan hingga kering. Aspirin juga mengandung zat yang berfungsi untuk mencegah radang pada kulit, sehingga jerawat menjadi reda dan tidak menonjol lagi. Biarkan pasta aspirin bekerja melawan jerawat selama satu malam.
  7. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 7
    7
    Gunakan astringen pada wilayah yang berjerawat. Astringen adalah zat yang menyebabkan kontraksi pada kulit, atau dengan kata lain, mengecil. Beberapa jenis astringen dari apotek mengandung bahan antimikroba, yang selain mengurangi ukuran jerawat juga bermanfaat untuk membasminya. Berikut adalah beberapa jenis astringen yang dapat Anda gunakan:
    • Astringen yang dijual bebas di toko. Ada banyak jenis dan ukuran astringen yang dijual. Temukan astringen yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Katakan kepada petugas toko bahwa Anda memerlukan astringen yang tidak terlalu keras untuk kulit.
    • Astringen alami juga dapat digunakan dalam keadaan darurat. Beberapa contohnya adalah:
      • Sari lemon. Asam sitrat yang terkandung di dalam sari lemon akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengencangkan kulit. Banyak orang percaya pada khasiatnya. Iris lemon, lalu usapkan pada area kulit yang berjerawat. Setelah itu, gunakan toner untuk menyeimbangkan PH pada kulit. Lemon bersifat sangat asam dan dapat mengacaukan keseimbangan PH kulit, oleh karena itu Anda memerlukan toner setelah penggunaannya.
      • Kulit pisang. Kulit pisang bermanfaat dalam mengobati gigitan serangga dan nyamuk, dan dapat bermanfaat dalam mengurangi ukuran jerawat. Cukup usapkan kulit pisang pada area kulit yang berjerawat.
      • Witch hazel. Ini adalah salah satu jenis astringen lain yang juga bagus dan banyak digunakan. Carilah witch hazel yang tidak mengandung alkohol. Oleskan sedikit witch hazel pada area kulit yang berjerawat, lalu biarkan hingga kering.
      • Teh hijau. Teh hijau adalah astringen yang mengandung banyak antioksidan, yakni zat yang bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melawan radikal bebas. Celupkan kantung teh hijau ke dalam air panas, lalu keluarkan kantung, kemudian letakkan pada area kulit yang berjerawat selama beberapa saat.
  8. 8
    Gunakan minyak telur. Minyak telur efektif untuk menghilangkan jerawat dan mencegah terbentuknya bekas luka.
    • Cucilah tangan dengan sabun atau gunakan zat sanitasi sebelum menggunakan minyak telur.
    • Gunakan jari-jari Anda yang telah dilapisi dengan minyak telur untuk memijat bagian yang berjerawat secara lembut, dan lakukan sebanyak dua kali dalam satu hari hingga luka hilang.
    • Bilaslah wajah menggunakan cairan pencuci yang lembut (mild) setelah satu jam.

Bagian 2 dari 3: Mengurangi Kemerahan

  1. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 8
    1
    Tempelkan es pada wilayah yang berjerawat. Pembengkakan pada jerawat seharusnya dapat dikurangi dengan cara ini karena aliran darah pada area kulit yang ditempeli dengan es batu akan melambat. Anda dapat menempelkan es batu pada jerawat secara langsung, atau Anda dapat melapisinya menggunakan kain kasa atau handuk tipis.
  2. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 9
    2
    Gunakan obat tetes mata pada wilayah yang berjerawat. Obat tetes mata, yang salah satu fungsinya adalah untuk mengurangi kemerahan pada mata, dapat digunakan untuk mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat pula. Bubuhkan obat tetes pada kapas pentol, lalu oleskan secukupnya pada jerawat.
    • Karena suhu dingin juga dapat meredakan radang pada jerawat, simpan kapas pentol yang telah dibasahi dengan obat tetes mata ke dalam lemari pembeku, sebelum Anda mengoleskannya. Kapas pentol yang dingin dapat mengurangi radang, sehingga kemerahan pada bagian yang berjerawat akan mereda.
  3. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 10
    3
    Cobalah untuk menggunakan antihistamin alami. Antihistamin menekan efek pembengkakan di dalam jaringan kulit manusia. Kebanyakan zat antihistamin dapat dikonsumsi dalam bentuk pil obat, tetapi beberapa jenis lainnya dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau dioleskan langsung. Antihistamin dapat mengurangi kemerahan pada jerawat. Berikut beberapa jenis herba yang termasuk antihistamin alami:
    • Jelatang. Mungkin ini terdengar aneh karena menyentuh jelatang di alam liar dapat menyebabkan ruam yang tidak berbeda jauh dengan jerawat. Akan tetapi, beberapa dokter menyarankan agar jelatang digunakan setelah dikeringkan dan dibekukan terlebih dahulu, dan jelatang yang telah diproses seperti itu terbukti dapat mengurangi kadar histamin yang diproduksi oleh tubuh.
    • Coltsfoot mungkin dapat berfungsi efektif sebagai antihistamin alami. Orang Eropa sudah lama menggunakan tanaman tersebut untuk menyembuhkan masalah pada kulit. Daun coltsfoot dapat dihaluskan menjadi pasta, atau coltsfoot juga dapat diolah menjadi bentuk ekstrak, sehingga dapat dikonsumsi dalam bentuk pil.
    • Kemangi juga dapat bermanfaat sebagai antihistamin alami. Panaskan beberapa tangkai daun kemangi dengan uap, kemudian tempelkan dengan lembut pada jerawat. Kemangi dapat membantu untuk "mengajarkan" kepada tubuh kita bahwa zat yang menyebabkan jerawat bukanlah bahaya yang harus dilawan.

Bagian 3 dari 3: Kiat-Kiat Umum

  1. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 11
    1
    Bersihkan wajah dua kali sehari. Cobalah untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari. Ingatlah bahwa Anda harus menyentuh wajah dengan lembut, dan pastikan bahwa Anda tidak menggunakan handuk atau benda-benda lain yang kotor ketika membersihkan wajah, karena jerawat disebabkan oleh bakteri, dan bakteri terdapat pada handuk kotor.
    • Gunakan scrub wajah sekali seminggu agar sel-sel kulit terkelupas. Mengelupas kulit berarti membersihkan lapisan kulit paling luar yang terdiri dari sel-sel yang telah mati, yaitu lapisan epidermis. Melakukannya satu kali dalam seminggu adalah kebiasaan yang sehat.
    • Lembapkan kulit setiap kali wajah selesai dibersihkan. Kulit adalah salah satu organ tubuh. Seperti ginjal, kulit perlu dilembapkan agar sehat. Gunakan pelembap sesuai kebutuhan setiap Anda membersihkan wajah.
  2. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 12
    2
    Jangan menyentuh wajah. Cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda — baik secara sengaja maupun tidak. Tangan Anda kotor, dan dapat "memindahkan" bakteri ke wajah. Semakin jarang tangan Anda menyentuh wajah, semakin nyaman wajah akan terasa dan semakin baik tampilannya.
  3. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 13
    3
    Berolahragalah. Olahraga adalah cara yang baik untuk menghilangkan jerawat. Ketika Anda berolahraga, stres akan terlepas. Stres adalah penyebab jerawat, meskipun dokter masih tidak memahami pengaruhnya.[3]
    • Temukan cara yang sehat untuk melepaskan rasa stres dan cemas dengan berolahraga. Bergabunglah ke dalam tim olahraga, mulailah melatih tubuh di pusat kebugaran, atau paksa diri untuk melampaui batas rutin dalam berlatih. Semua langkah-langkah tersebut dapat membuat kulit terlihat lebih cerah.
    • Pastikan bahwa Anda mandi setelah selesai berolahraga, karena Anda berkeringat ketika berolahraga. (Setidaknya jika Anda benar-benar berolahraga dengan serius, Anda pasti akan berkeringat). Kotoran, garam, dan sel kulit mati akan menumpuk setelah Anda berolahraga dengan berat.
  4. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 14
    4
    Jangan mengonsumsi minuman beralkohol. Alkohol dapat memperparah efek jerawat. Minuman beralkohol dapat memperparah jerawat. Alkohol menghilangkan cairan tubuh, sehingga tubuh akan berada pada kondisi kekurangan kandungan air inti yang diperlukan. Alkohol juga mengandung banyak gula, sehingga mungkin berhubungan dengan pertumbuhan jerawat. Kedua fakta ini menunjukkan bahwa jika Anda ingin tetap aman dari jerawat, kurangi konsumsi alkohol, lalu perhatikan reaksi tubuh Anda. Cukup minumlah banyak air putih.
  5. Gambar berjudul Get Rid of a Zit Overnight Step 15
    5
    Jangan memencet jerawat. Jangan memecahkan, memencet, menusuk, menggosok, menggaruk, atau menyentuh jerawat dengan cara apa pun, kecuali saat Anda mengoleskan obat. Menyentuh jerawat secara langsung akan memperparah kemerahan dan radang. Memang hal ini mudah untuk dikatakan, tetapi sulit untuk dilakukan. Jika Anda tidak memencet jerawat, Anda dapat memperkecil kemungkinan ukuran bekas luka yang dihasilkan dan dapat menghilangkan jerawat dengan jauh lebih cepat.

Tips

  • Pastikan bahwa Anda mengeringkan wajah dengan menepuk-nepuk kulit karena menggosok hanya akan membuatnya semakin merah.
  • Jangan menyentuh jerawat. Tangan sangatlah berminyak, dan juga mengandung banyak kuman. Menyentuh jerawat dapat menyebabkan infeksi.
  • Berhati-hatilah ketika menggunakan pasta gigi. Pasta gigi dapat mengeringkan kulit, jadi pastikan bahwa Anda melembapkan kulit kembali setelah itu. Jangan mengoleskannya di dekat mata - jangan sampai pasta gigi masuk ke mata.
  • Anda dapat juga mencampurkan soda kue dengan pasta gigi. Campuran tersebut dapat mengurangi iritasi pada kulit dan membebaskannya dari jerawat. Oleskan campuran pada wajah, lalu biarkan selama semalam.
  • Abaikan orang yang mengatakan bahwa gula dan cokelat adalah penyebab jerawat. Hal itu tidak benar. Pada umumnya, pola makan yang tidak baik dapat menyebabkan jerawat, termasuk makanan yang sensitif bagi tubuh Anda. Beberapa orang tidak mengalami efek apa-apa setelah mengonsumsi cokelat, tetapi malah berjerawat setelah mengonsumsi keju! Hal yang penting adalah memastikan bahwa Anda menjalani pola makan yang sehat dan seimbang, dan mengingat makanan apa saja yang menyebabkan jerawat.
  • Menempelkan es batu pada area kulit yang berjerawat dapat mengurangi kemerahan untuk sementara.
  • JANGAN PERNAH langsung mandi setelah berolahraga karena itu tidak baik bagi kulit dan juga akan menyumbat pori-pori, jadi tunggulah selama 30 menit sebelum mandi. Mandi tepat setelah berolahraga tidaklah baik bagi tubuh karena perubahan suhu tubuh yang tiba-tiba, yang dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh.
  • Oleskan cuka sari apel selama satu malam. Baunya memang tidak enak, tetapi mungkin akan bermanfaat.
  • Produk seperti gel lidah buaya dan sabun berbahan arang dapat membersihkan wilayah yang berjerawat dan mengurangi kandungan minyak. Mengoleskan produk-produk tersebut secara berulang juga dapat mencegah bintik dan jerawat. Gel lidah buaya juga dapat dicampur dengan soda kue untuk meningkatkan efektivitas.
sumber(wikihow,com)

No comments:

Pages